3 Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman Dikenakan

Olahraga lari, memiliki beberapa elemen penting, salah satunya adalah sepatu. Pemilihan sepatu yang tepat sangat penting bagi kenyamanan kaki. Jika salah memilih sepatu, Anda bisa saja cedera maupun tidak nyaman saat berlari. Beruntungnya kini ada Nike Legend React yang menjadi salah satu sepatu lari maupun olahraga lainnya yang diminati banyak orang. 




Memilih Sepatu Lari

Selain memertimbangkan model atau desain, memilih sepatu lari juga disesuaikan dengan bentuk kaki Anda. Memilih sepatu yang cocok tidaklah mudah, karena Anda harus memastikan bahwa sepatu tersebut cocok hingga ke jari-jari kaki. Sepatu merek Nike Legend React yang banyak diminati oleh para atlet tentu memenuhi kriteria kenyamanan saat dipakai.

Lantas, seperti apa tips memilih sepatu lari yang nyaman ketika dikenakan? Berikut ini adalah ulasan untuk Anda.

1. Sesuaikan dengan Bentuk Kaki

Bentuk kaki setiap orang berbeda-beda, sehingga sepatu yang dikenakan pun akan berbeda. Dalam memilih sepatu yang cocok, Anda perlu memahami bentuk kaki sendiri. Secara umum, ada tiga bentuk telapak kaki, yaitu normal arch, low arch, dan high arch.

Kaki dengan bentuk normal arch mempunyai sudut kelengkungan normal pada sisi dalam telapak kaki. Normal arch merupakan tipe gerakan kaki normal, maka, kelengkungan kaki akan memengaruhi gerakan kaki pada tanah ketika Anda berlari. Memiliki bentuk kaki seperti ini, akan lebih baik jika Anda mengenakan sepatu dengan lengkungan yang sedikit pada bagian tengah sepatu (semi curved shoes).

Bentuk kaki yang kedua adalah low arch yang mempunyai sudut kelengkungan kecil dan terlihat agak rata. Bentuk kaki yang disebut flat foot ini memiliki tipe gerakan kaki overpronation. Flat foot cenderung menekuk ke luar, berbeda dengan kelengkungan kaki yang normal. Tipe kaki seperti ini akan lebih cocok jika mengenakan sepatu dilengkapi motion control.

Sementara itu, pada tipe high arch, bagian tengah kaki lebih tipis dibandingkan dengan tipe lainnya. Tekanan besar terjadi pada bagian tumit dan kaki depan karena memiliki gerakan underpronation—gerakan kaki menekuk ke dalam.

Anda disarankan mengenakan sepatu yang mempunyai bantalan kaki pada bagian depan dan tumit guna menyokong kaki (netral shoes). Kondisi seperti ini adalah kaki berbentuk O, sehingga membutuhkan sepatu yang tepat.

2. Sepatu Sesuai Medan Lari

Memilih sepatu juga perlu memerhatikan jalur yang ditempuh saat berlari agar tidak salah memilih dan kaki terhindar dari cedera. Setiap sepatu memang dirancang dengan fungsi berbeda, menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Trek yang Anda lewati di jalan raya atau lintas alam tentu berbeda dengan sepatu yang disarankan digunakan di tempat kebugaran. Saat di jalan raya, Anda membutuhkan sepatu yang fleksibel dan ringan. Ketika berada di lintas alam, Anda perlu sepatu dengan sol antislip yang lebih kuat.

3. Menyesuaikan Ukuran Sepatu

Tips ketiga bagi Anda adalah, hindari membeli sepatu dengan ukuran pas atau ketat karena berisiko membuat kaki lecet dan kuku menghitam. Anda disarankan untuk mencari sepatu dengan setengah ukuran lebih besar. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memastikan lebar kaki agar tidak salah memilih ukuran sepatu.

Itulah tiga tips bagi Anda dalam memilih sepatu lari yang nyaman dikenakan. Memilih sepatu apapun, termasuk Nike Legend React, tentunya harus diseuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan melihat fungsinya, bukan sekadar desain atau model dari sepatu.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates